Mendidik Santri dengan Al Qur’an   Leave a comment

Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta (Al Baqarah: 10).

Hati dapat menjadi kotor karena dosa-dosa yang kita lakukan. Dosa menjadi bintik-bintik kotoran yang akan menutup hati kita dan membuat hati menjadi kotor. Hati menjadi bersih kembali bila kita melakukan taubat. Ada empat kriteria taubat nasuha atau taubat yang sungguh-sungguh, pertama kita mengerti dan paham bahwa yang kita lakukan adalah sebuah dosa, kedua kita menyesali perbuatan dosa tersebut, ketiga tidak mengulangi perbuatan tersebut dan keempat adalah mengirinya dengan perbuatan baik.
Setan akan senantiasa menggangu manusia. Godaan setan disesuaikan dengan keimanan dari manusia. Karena mereka tidak akan membiarkan manusia selalu dalam jalan lurus. Maka jangan sampai karena sebuah kritik seorang ustadz tidak mau lagi mengajar TPA. Itu salah satu contoh godaan setan. Ingat sebuah kata mutiara Jawa ‘dadio wong entengan lan wong becik, yen pinter aja kemaki lan aja leren lek sinau.’
Mendidik anak termasuk perbuatan mulia. Maka kita harus menumbuhkan semangat pendidikan yang berlandaskan moral islam. Ajarkan santri disiplin sebagai pembelajaran diri. Disiplin dari hal-hal kecil, dari diri sendiri dan dari sekarang. Misalnya, jika mendengar adzan segera ambil air wudhu dan tinggalkan semua urusan dunia. Usahakan sholat selalu berjamaah di masjid, syukur ditambah dengan sholat dhuha dan sholat tahajjud. Kita harus peka pada hal-hal kecil. Bila hal-hal kecil saja kita tidak peka bagaimana dengan hal-hal yang besar.
Guru atau ustadz harus paham bahwa santri itu memilki karakter yang berbeda-beda. Ustadz dapat menggunakan metode pengajaran yang menyenangkan atau edutainment. Dapat menggunakan ketegasan, tapi tidak kasar dan hukuman yang digunakan jangan membuat santri dendam dan membuat dia berhenti belajar.

Ustadz Mukhsin Haryanto, M. Ag.
(disampaikan pada Siluet Mergangsan bulan Mei 2009 di TPA Hidayatus Hibyan)

Posted Juli 27, 2009 by badkomergangsan in Siluet

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: