SERUNYA OUTBOND BADKO RAYON MERGANGSAN   2 comments

Dlingo – Pagi itu Ahad (24/5) di pendopo kecamatan Mergangsan nampak

sebelum barangkat

sebelum barangkat

orang-orang berpakaian olah raga sedang berkumpul dan menunggu sebuah bus. Ada yang muda mudi dan ada pula yang simbok-simbok, eh maksudnya ibu-ibu. Mereka adalah para peserta outbond yang diadakan oleh Badko Rayon Mergangsan. Sekitar 35 ustadz-ustadzah dari TPA se-kecamatan Mergangsan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di kebun buah Mangunan, Dlingo.

tangkaaaaap!!!

tangkaaaaap!!!

Setelah doa bersama berangkatlah mereka pada pukul 07.30 untuk menempuh perjalanan selama empat puluh lima menit. Walaupun bus nampak kelelahan menempuh lokasi karena jalan yang naik turun dan terjal, alhamdulillah dapat sampai di tujuan. Selama perjalanan juga terlihat pemandangan pepohonan hijau yang sangat indah. Sampai di lokasi para peserta langsung dibimbing oleh instruktur tim trainer dari Lare Angon yang dipimpin oleh Mas Indarto, mantan Ketua Badko Mergangsan yang sekarang bergiat di Badko Propinsi DIY.
Setelah acara pembukaan dengan berdo’a bersama, menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ dan sambutan dari mas Ikhsan Pranoto selaku ketua Badko Rayon Mergangsan, dimulailah acara outbond yang berisi permainan-permainan kreatif.

acara pembukaan

acara pembukaan

Seperti permainan mencari bendera, lempar sepatu, rantai panjang, menjatuhkan diri, dan lempar bola. Agar lebih terarah semua peserta dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok harus memiliki nama dan yel-yel. Akhirnya diperoleh nama kelompok ‘singa’ dan kelompok ‘tirex’ -nama yang aneh-. Yel-yelnya juga tidak kalah seru ‘singa aum.. aum..’ (cuma itu –gak kreatif ya-). Yel-yel kelompok tirex –hewan jadul- memakai lagu ‘Di Sini Senang Di Sana Senang’ yang memperlihatkan bahwa kegiatan ini memang menyenangkan.
Pada permainan lempar bola sebut nama, walaupun permainan sederhana

membuat tiang bendera

membuat tiang bendera

namun cukup susah juga. Lha wong cuma sembilan belas orang untuk dapat menyelesaikan permainan saja memerlukan waktu dua jam, ya salaam. Padahal cuma nyebut ‘terima kasih Bagyo-Mustholeh. Mustholeh-Nevy’. Akhirnya, kelompok ‘singa’ dapat memecahkan rekor ‘sebut nama’ tercepat selama 29 detik –masuk rekor MURI nih-.
Setelah ishoma (istirahat, sholat, mandi) makannya kapan? ganti singkatan

lempar bola - menghafal nama teman

lempar bola - menghafal nama teman

saja! Setelah maksiat (makan, sholat, istirahat) dimulailah permainan berikutnya yaitu eng ing eng … membuat tiang bendera. Setiap kelompok disuruh membuat tiang bendera dan bendera kelompok. Tiangnya dari rotan lima buah. Ternyata susah juga ya karena butuh skill, pikiran, keterampilan, kerja sama, dan rencana yang matang untuk dapat membuatnya. Butuh waktu dua sampai tiga jam lho untuk membuat tiang bendera dapat berdiri tegak menantang.
Setelah itu ada permainan jembatan gantung dan fliying fox –tulisannya benar gak ya-.

fliying fox - terbaaaang!

fliying fox - terbaaaang!

Walaupun agak mengerikan semua peserta dapat melewatinya. Apalagi ada ibu-ibu yang mau nambah lagi –kayak makan aja, nambah-. Ketika menjelang maghrib ditutuplah kegiatan outbond tersebut dengan lagu ‘Syukur’ di pinggir kolam. Semoga kegiatan ini dapat menambah motivasi untuk dapat memajukan Badko Rayon Mergangsan. Dan saat duduk di bangku bus dalam perjalanan pulang nampak kota Bantul yang hanya kelihatan lampu berkelap kelip laksana kunang-kunang yang menyanyikan lagu Nina Bobo’ yang membuat para peserta terlelap.

Posted Juli 27, 2009 by badkomergangsan in event

Tagged with

2 responses to “SERUNYA OUTBOND BADKO RAYON MERGANGSAN

Subscribe to comments with RSS.

  1. Buktikan IndonesiaMu
    aio dukung Pulau Komodo sebagai new7wonders
    klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: