Ibadah di Bulan Ramadhan   Leave a comment

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan aktivitas ibadah kepada Allah. Ibadah oleh manusia bisa dianggap sebagai beban, dan itu adalah ibadah pada tingkatan terbawah. Ibadah terdiri atas empat tingkatan. Pertama, sebagai beban. Kedua, sebagai kewajiban. Ketiga, sebagai kebutuhan. Keempat, sebagai tanda syukur.
Ketika melakukan ibadah baik wajib atau sunat, seperti puasa, shalat, membaca AL Quran, haji, sedekah dan lain sebagainya harus didasarkan cinta kepada Allah. Itu sebagai wujud rasa cinta kita kepada Allah yang telah meberikan kenikmatannya kepada kita semua.
Ada sebuah istilah yang menarik ‘rung sholat, wis sholat’ berarti orang sudah meniatkan untuk melakukan sholat walaupun belum menjalaninya. Seperti halnya orang yang berniat melakukan kebaikan walaupun belum melakukannya dia sudah mendapat pahala dari apa yang diniatkannya.
Dalam surat An Nahl ayat 125 dijelaskan bahwa orang patutnya mengajak orang lain menuju kebaikan dengan cara hikmat, bijaksana dengan nasehat dan dialog yang baik. Manusiabisa menjadi empat macam, mujahididn, assodiqunal awwalin/pioner, cahaya menerangi, dan rohmatallil’alamin. Islam masuk dalam masyarakat dengan cara rahnat, seperti masujnya Islam di Indonesia, perang Badar dan pembukaan Makkah. Sebab-sebab diperbolehkannya perang dalam surat AL Mumtakhanah karena beberapa sebab seperti diperangi karena keislaman kita, diusir dari negeri sendiri, dan mempertahankan diri. Karena manusia wajib menjaga agama, akal, nyawa dan hartanya.

Ustadz Ahmad Mustafid, M. Hum
(disampaikan pada Acara Buka Puasa Bersama Ramadhan 1430 H /September 2009 di TPA Al Ukhuwah)

Posted Oktober 13, 2009 by badkomergangsan in Siluet

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: