Muhasabah Akhir Tahun   1 comment

“Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam” (Al An’am:162)
Ada tiga pertanyaan mendasar tentang hidup bagi kita. Pertama, dari mana kita, kedua, akan ke mana kita dan ketiga adalah yang paling penting bagi kita yaitu, apa yang kita perbuata selama ini. Pertanyaan pertama adalah awal, kedua adalah haisl yang akan kita dapatkan, sedangkan pertanyaan ketiga adalah proses dari awal hingga kita mendapatkan hasil menurut proses yang kita lakukan.
Terkadang dalam hidup kita harus melihat dari sekitar kita. Karena semua berawal dari penglihatan. Hewan-hewan di sekitar kita beribadah dan bertasbih menurut cara mereka sendiri. Burung dengan terbang, semut dengan kerja samanya, dapat kita jadikan teladan. Hanya ada dua modal bagi kita, yaitu bersabar terhadap kesukaran, masalah, cobaan dan bersyukur terhadap nikmat dan kebaikan. Bila kita memilki sebuah masalah hendaknya kita cari dulu sumber maslahnya baru kita mencari solusi untuk memecahkannya.
Allah selalu punya cara. Kun fayakun, terjadi maka terjadilah. Apa yang Allah kehendaki pasti terjadi. Kita tinggal berbaik sangka, positive thinking kepada segala kehendak Allah. Karena Allah menurut persangkaan hambaNya. Kita tinggal melakukan apa yang menjadi keinginan, kemampuan dan harapan kita dengan kerja ikhlas, kerja cerdas dan kerja keras. Menyatukan hati, pikiran dan perbuatan kita.
Kita menanamkan kepada santri kita untuk menjadi anak sholeh. Anak yang senantiasa menghormati kedua orang tua. Anak yang menunaikan kewajibannya kepada orang tua. Menjaganya saat tua, merawat di kala sakit, menuntun di kala sakaratul maut. dan memandikan, mengkafani, menyolatkan dan menguburkan bila meninggal dunia serta senantiasa mendoakannya.
Ingatlah bahwa kemarin adalah kenangan, sekarang kenyataan dan esok adalah harapan. Maka mulailah dari sekarang, dari yang sedikit dan dari diri sendiri untuk melalkukan yang terbaik untuk kita.

Ustadz Purwanto
(disampaikan pada Siluet Mergangsan bulan Desember 2009 di TPA Al Fajar)

Posted Desember 22, 2009 by badkomergangsan in Siluet

Tagged with

One response to “Muhasabah Akhir Tahun

Subscribe to comments with RSS.

  1. Assalamu’alaikum.WrWb. Benar sekali Tadz ! : ) Qta hidup di dunia ini melewati 3 masa ; masa lalu,masa sekarang ,dan masa didepan qta. Untuk menggapai kedahsyatan masa depan baik di Akhirat ato dunia inipun yg harus dilaksanakan yaitu bergerak pada masa sekarang(bkn menunggu) .Maka dgn irodah Allah SWt smg Azzam utk berubah qta dibalas dgn Sorga ..amiiin Tp kuncinya tetap ada pd masa lalu,iya gak..,.., ada keteladanan para Rosul,shahabat,ulama2,bahkan masa lalu qta jg bisa qta jadikan contoh utk berubah . Tanpa keteladanan yg _Tsiqoh_ manusia tdk dpt selamat ,spt tg diutarakan ust diatas…dan teladan yang dicari itu adalah “Rosulullah SAW” keep istiqomah !!! one 4 all-all 4 one ,Allah the Great

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: