Empat Sumber Kebahagiaan   1 comment

Ada empat sumber kebahagiaan seorang manusia, pertama adalah istri sholehah atau suami sholeh. Kedua, anak yang berbakti. Ketiga, lingkungan sholih yaitu lingkungan yang baik. Misalnya apabila memilki tetangga yang baik. Dan keempat rizki yang dekat atau dalam negeri. Tidak disebutkan rezeki yang banyak tetapi yang dekat, tumbuh berkembang, barokah dan cukup.

Ustadz/ustadzah TPA sebagai pengajar lembaga pengajaran dan pendidikan Al Qur’an sebenarnya hanya perlu doa modal, yaitu niat ikhlas dan semangat. Apabila kedua hal ini sudah ada pada setiap ustadz/ustadzah minimal kegiatan TPA sudah dapat berjalan dengan baik. Karena mandegnya beberapa TKA-TPA selain faktor-faktor eksternal dari manajemen, santri dan yang lainnya, faktor semangat mengajar dan niat ikhlas juga yang membuat ustadz-ustadzah menjadi tidak mengajar lagi di TPA.

Profil atau cap sebagai ustadz-ustadzah akan terus melekat sampai kapanpun. Ibarat gaji ke13 bagi ustadz-ustadzah apabila suatu hari nanti bertemu dengan santri-santrinya dulu yang telah menjadi seseorang keteika dewasa. Ustadz-ustadzah akan merasa bahagia bila melihat kesuksesan para santri-santrinya dan para santri tidak melupakan usatdz-ustdazah yang mengajarkan dirinya waktu kecil.

TPA menjadi temtap untuk mematangkan pribadi. Karena sebagai seorang ustadz-ustadzah kita akan menjaga tingkah, sikap kita di hadapan para santri yang masih polos. Laksana kita berteman dengan dengan penjual minyak wangi kita akan ikut menjadi wangi, demikian juga di TPA kita mendapati lingkungan yang dapat membuat kita lebih baik. Maka doakan santri kita setiap sholat agar menjadi anak sholeh sholehah dan jangan merasa khawatir karena Allah itu dekat dan siapa yang menolong agama Allah, Allah akan menolongnya.

Ust. Ikhwan Ahada

(disampaikan pada Siluet Januari di TPA Ulul Albab, Bintaran Kidul)

Posted Januari 18, 2010 by badkomergangsan in Siluet

Tagged with

One response to “Empat Sumber Kebahagiaan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Assalamu’alaikm. komentar dikit ni , sms tempatnya kehapus .hehe lumayan kblasuk ..malah kemasjid tungkak ( slh inpo) keep fighting spirit!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: