SEMESTERAN TKA-TPA BAITUN NA’IM WIROGUNAN   Leave a comment

Ujian semester atau semesteran merupakan salah satu kegiatan untuk melihat kemampuan santri dalam menguasai materi yang telah diajarkan selama kurang lebih 6 bulan. Ujian semester ini merupankan agenda rutin di TKA-TPA Baitun Na’im setiap 6 bulan sekali (semester genjil dan semester genap). Seperti tahun-tahun sebelumnya, ujian semester di TKA-TPA Baitun Na’im diadakan pada bulan juni dan desember. Di tahun ajaran 2009-2010, semester gasal/ganjil telah dilaksanakan pada tanggal 14 desembar sampai 19 desember 2009 dan bagi santri yang belum melaksanakan ujian pada waktu yang ditentukan dapat mengikuti ujian susulan pada tanggal 21 dan 23 desember 2009.
Materi yang diujikan adalah materi yang selama ini telah diberikan di TKA-TPA. Pada Semester pertama/ganjil materi yang diujikan untuk kelas TKA atau kelas Syafi’I adalah praktek wudhu dan sholat, hafalan 12 surat-surat pendek dan 13 do’a sehari-hari, PAI dan menggambar, sedangkan untuk kelas TPA atau kelas Maliki materinya jauh lebih banyak di bandingkan kelas Syafi’I yaitu praktek wudhu dan sholat, hafalan 17 surat-surat pendek, 15 do’a sehari-hari dan beberapa ayat pilihan ditambah Fiqih, Aqidah Akhalaq, Bahasa arab dan bahasa inggris, dan juga hadits. Ujian semester ganjil ini telah diikuti oleh sebagianbesar santri TKA-TPA Baitun Na’im. Dan Alhamdulilah ujian pada semester ganjil ini berjalan dengan lancar.
Sebagai akhir dari semester ganjil ini, pada Ahad, tanggal 27 Desember 2009 diadakan penerimaan rapor sekaligus pengajian wali santri. Pada acara ini banyak sekali wali santri yang hadir, meskipun pada saat itu hujan begitu deras melanda kelurahan wirogunan, tetap saja antusias wali santri untuk bisa hadir pada acara tersebut sangatlah besar. Disamping memang untuk menerima rapor dan menimba ilmu, wali santri juga ingin melihat penampilan putra/putri mereka dalam acara tersebut. Adapun penampilan santri pada acara penerimaan rapor sekaligus pengajian wali santri meliputi pembacaan Al-Qur’an, saritilawah (oleh mila dan amalia santri dari kelas Maliki), hafalan Hadits yang dilakukan oleh anak-anak kelas TPA/Maliki, pembacaan puisi dan ikrar santri oleh beberapa anak dari kelas TKA/Syafi’I, dan Hafalan Asmaul Husnah oleh anak-anak dari kedua kelas tersebut (syafi’I dan Maliki). Banyak harapan yang wali santri sandarkan kepada lembaga pendidikan islam TKA-TPA dengan menitipkan putra/putri mereka untuk dididik agar dapat membaca A-Qur’an dan membantu memjadikan putra/putri mereka menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Posted Januari 31, 2010 by badkomergangsan in tpa news

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: