GEBYAR MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1431 H TPQ AL MIZAN   3 comments

Terdapat berbagai tradisi yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Muslim dunia, khusunya di Indonesia, salah satunya adalah tradisi peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw. yang biasa disebut dengan maulid Nabi. Tradisi ini dilaksanakan setiap bulan Rabiul Awal, dan biasanya mencapai puncaknya pada tanggal 12, tiap tahun menurut penanggalan Hijriyah. Tradisi ini diisi dengan berbagai kegiatan sebagai sebuah ungkapan rasa syukur dan kecintaan kepada Nabi Muhammad saw. Peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw ini menjadikan masjid-masjid dan instansi pemerintahan di Indonesia marak dengan berbagai kegiatan, seperti pembacaan shalawat bersama, pengajian hingga lomba-lomba. Menurut sejarah, peringatan maulid Nabi Muhammad ini ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional oleh Presiden Soekarno atas usulan dari Muhammmad Natsir.
Pada peringatan maulid Nabi Muhammad tahun 2010 M yang bertepatan dengan tahun 1431 H, TPQ Al-Mizan mengadakan kegiatan yang bertajuk Gebyar Maulid 1431 H yang diisi dengan rangkaian kegiatan berbentuk perlombaan dan ditutup dengan pengajian atau dongeng anak oleh Kak Wawan. Gebyar Maulid 1431 H. ini ditujukan untuk santriwan-santriwati se-Kecamatan Mergangsan yang dimulai tanggal 21 -28 Februari 2010. Kegiatan ini dimulai dengan lomba hafalan surat dilanjutkan adzan, CCA, lomba tartil dan pidato. Semua perlombaan ini dilaksanakan berurutan pada setiap pukul 15.30 hingga 17.30 WIB. Pada penutupan lomba Ahad 28 Februari 2010, diadakan lomba menggambar dan mewarnai dilanjutkan dengan dongeng oleh Kak Wawan dan penyerahan hadiah kepada para juara.
Gebyar Maulid 1431 H TPQ Al-Mizan tersebut tercatat diikuti oleh tidak kurang 150 peserta yang merupakan santriwan-santriwati dari beberapa TPQ yang tersebar di Kecamatan Mergangsan, di antaranya adalah TPQ Al-Mizan, TPQ Al-Ikhlas, TPQ Al-Huda, TPQ Hidayatussibyan, TPQ Al-Fajar, dan TPQ Iqran. Para peserta lomba sangat antusias dalam mengikuti perlombaan tersebut. Yang menarik dalam kegiatan ini adalah adanya dongeng yang disampaikan oleh Kak Wawan tidak berupa pengajian pada umumnya yang dilaksanakan pada setiap peringatan maulid. Hal ini disebabkan segmennya adalah para santriwan-santriwati TPQ, sehingga media cerita atau dongeng yang mengambil tema perjuangan Nabi dalam berdakwah dianggap lebih tepat sasaran dan mudah dicerna oleh mereka daripada ceramah agama. Spirit yang dapat ditangkap dari peringatan maulid ini adalah sebuah semangat perjuangan dan sikap pantang menyerah, dibalut dengan keikhlasan yang harus tetap tertanam dalan sanubari kita sebagai sebuah usaha untuk meneladani dari sebagain sifat terpuji Rasulullah saw. [NH]

Posted Maret 20, 2010 by badkomergangsan in tpa news

Tagged with

3 responses to “GEBYAR MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1431 H TPQ AL MIZAN

Subscribe to comments with RSS.

  1. peringatan kelahiran Nabi SAW ada dalilnya gk y,ato haditsnya???

    • kalo dalil ato hadits, tidak ada. maulid diadakan pertama kali saat itu ketika perang melawan kaum salib oleh shalahudin al ayyubi untuk menumbuhkan ghirah atau semangat kecintaan terhadap rasulullah.

  2. ass. selamat bagi anada yang tetap lurus di jalannya mengajar al qur’an!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: