Serunya Pelatihan BCM di Mergangsan   3 comments

Kak Wuntat

Kak Wuntat

peserta ustadz

Peserta ustadz

Prawirotaman –Ahad (14/3) Badko Mergangsan mengadakan kegiatan Pelatihan BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi): bersama Kak Bimo dan Kak Wuntat. Acara yang diadakan untuk memberikan semangat pada ustadz-ustadzah agar bisa mengajar TPA dengan metode yang asyik untuk anak-anak. Kegiatan yang diadakan di masjid Prawirotaman ini diikuti lebih dari 60 ustadz-ustadzah se-Mergangsan bahkan ada juga peserta dari luar Mergangsan.
Acara ini dimulai pukul 09.10 WIB yang sedikit mundur dari jadwal karena memerlukan beberapa persiapan. Namun semua dapat terbayar karena pada session pertama yaitu Pelatihan Bercerita, Kak Bimo mengisi acara selama dua jam lebih hingga menjelang dzuhur.

Kak Bimo

Beliau menjelaskan beberapa hal, mulai dari Apa Maksud dari Cerita, Manfaat Cerita, Retorika Cerita hingga Cara Mendongeng dengan Baik dan Benar. Tak lupa Kak Bimo juga mempraktekkan beberapa cerita seperti cerita sahabat, Nabi dan fabel dan suara-suara mulai dari suara hewan, kendaraan dan tokoh kartun sehingga membuat peserta terpukau oleh keahlian pendongeng nasional ini. Kak Bimo juga mengajari bagaimana bisa menirukan suara-suara dengan olah vokal. Acara sesi pertama ‘Pelatihan Bercerita’ ini selesai sebelum dzuhur dilanjutkan dengan istirahat, shalat berjamaah dan makan.
Kemudian pada sesi kedua yaitu ‘Permainan Anak’ yang diisi oleh Kak Wuntat dimulai pukul 13.00 WIB hingga menjelang ashar. Seperti halnya Kak Bimo yang mengisi acara dengan baik dan menarik, Kak Wuntat juga demikian.

peserta ustadzah

Beliau mengisi ‘Pelatihan Permainan Anak’ ini dengan diawali dengan beberapa slide video yang kocak dan simulasi permainan serta contoh beberapa nyanyian dan tepuk-tepuk. Misalnya beberapa ustadzah harus maju untuk praktek permainan Lingkaran Sholat. Permainan bisa menjadi sebuah ajang pembelajaran juga, misalnya kuis, puzzle dan KKM (Kegiatan Kreatif Mandiri)/kuis permainan yang diciptakan sendiri oleh Kak Wuntat. Permainan hanya menjadi salah satu solusi agar anak-anak yang sudah atau belum mengaji sambil menunggu giliran dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat yaitu dengan mengerjakan soal-soal yang menarik. Akhirnya acara ‘Pelatihan BCM’ ini harus selesai karena sudah ashar. Walaupun tidak terasa karena saking menariknya. Semoga bermanfaat untuk ustadz-ustadzah.

Posted Maret 24, 2010 by badkomergangsan in event

Tagged with

3 responses to “Serunya Pelatihan BCM di Mergangsan

Subscribe to comments with RSS.

  1. siippplahhh…

  2. assalamualaikum wr wb,mas farhan kami dari badko gatak kab sukoharjo, saya mau tanya mergangsan itu mana dan saya mau tanya mas alamat kak bimo and kak wuntat itu mana cos t4 saya juga mau mengadakan training ustadz uastadzah. thanks b4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: