SIluet April   Leave a comment

Santri sebagai Anak Zaman

Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin dijelaskan bagaimana caranya menjadi seorang pengajar dan bagaimana menjadi seorang murid yang baik. Seorang guru/ustadz atau pengajar haruslah memiliki dua sifat utama yaitu kasih sayang dan ikhlas. Hati yang ikhlas haruslah ditata. Salah satu ciri hati ikhlas dalam mengajar adalah ketika mengajar baik itu muridnya sedikit atau banyak, mengajarnya tetap sama. Diberi sanjungan atau kritikan, rasanya tetap sama. Tidak ada berbeda.

Seperti kata Sahabat Ali “manusia akan menjadi anaknya zaman”, maksudnya manusia akan dibentuk oleh lingkungan dan waktu anak itu tumbuh bukan hanya oleh ayah dan ibunya. Begitu juga dengan santri-santri kita saat ini menjadi anaknya zaman sekarang.

Zaman sekarang mungkin lebih kompleks tingkat kesulitan anak untuk berkembang dengan baik dibanding dengan zaman sebelumnya. Karena anak pada zaman sekarang telah kehilangan hal-hal yang seharusnya dimilikinya. Contohnya zaman sekarang tidak ada lagi lagu-lagu untuk anak-anak, konsumsi mereka sekarang adalah snack yang praktis, permainan banyak mengandalkan teknologi modern. Mereka cepat menjadi dewasa sebelum waktunya.

Anak-anak zaman sekarang memang lebih pintar secara kecerdasan otak mereka, tetapi untuk kecerdasan hati, tingkah laku sangat kurang. Untuk itulah pentingnya kita dalam mengajar anak harus dikondisikan dengan zaman sekarang dan mengajarlah dengan hati, dan seperti halnya membangunkan orang tidur kita harus bangun terlebih dahulu, maka terlebih dahulu marilah kita hidupkan hati kita agar dapat menghidupkan hati anak-anak kita.

Ust. Sholehudin, S.Ag

(disampaikan dalam Siluet bulan April 2011 di TPA Baiturrahim, Brontokusuman)

Posted April 30, 2011 by badkomergangsan in Siluet

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: